Supervisi Pembelajaran Mendalam
SDN 1 Awirarangan - Tahun 2025
Latar Belakang Masalah
- Perkembangan zaman menuntut pendidikan adaptif dengan keterampilan abad 21.
- Pembelajaran konvensional kurang efektif mencapai tujuan tersebut.
- Diperlukan pendekatan aktif, kreatif, inovatif, dan mendalam (PAIKEM).
- Pendekatan berfokus pada pemahaman konsep utuh dan penerapan nyata.
Tujuan Penyusunan Program
- Meningkatkan pemahaman guru tentang Pembelajaran Mendalam.
- Mengembangkan strategi pembelajaran 4C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Communication).
- Menciptakan lingkungan belajar adaptif terhadap kebutuhan peserta didik.
- Melakukan evaluasi berkelanjutan untuk perbaikan.
Hasil yang Diharapkan
- Peningkatan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran mendalam.
- Keterlibatan aktif peserta didik dalam pembelajaran bermakna.
- Capaian belajar meningkat pada aspek berpikir tingkat tinggi.
- Lingkungan belajar inovatif dan mendukung potensi peserta didik.
Tahapan Program (Siklus Inkuiri Kolaboratif)
- Assess: Identifikasi kebutuhan, tantangan, dan peluang.
- Design: Perancangan strategi dan program.
- Implement: Pelaksanaan kegiatan pembelajaran.
- Measure, Reflect, Change: Evaluasi, refleksi, dan perbaikan.
Kesimpulan
- Penyelarasan visi dan misi sekolah dengan pembelajaran mendalam meningkatkan relevansi pendidikan.
- Tantangan masih ada, namun peluang besar dari dukungan kebijakan dan komunitas guru.
- Perlu penguatan asesmen autentik dan kolaborasi guru.
Saran
- Sekolah: Perkuat budaya refleksi dan kolaborasi.
- Guru: Kembangkan perangkat ajar inovatif dan asesmen autentik.
- Peserta Didik: Aktif, eksploratif, dan mandiri.
- Pemangku Kepentingan: Dukungan sarana dan pelatihan berkelanjutan.